Mahasiswa Jurusan Akuntansi FE Laksanakan Praktek Kewirausahaan

Sabtu, 16 Desember 2017 | 15:50:16 WIB Share
Mahasiswa Jurusan Akuntansi FE Laksanakan Praktek Kewirausahaan

WAWASAN PROKLAMATOR,- Dalam rangka memenuhi kriteria penilaian semester lima matakuliah Kewirausahaan Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Bung Hatta melaksanakan praktek kuliah lapangan dengan tema Be Success Entrepeneur yang bertempat di Gor Hj. Agus Salim Padang, Sabtu (16/12/2017).

Salah satu Dosen Kewirausahaan, Helmawati, SE., M.Si mengatakan ini merupakan langkah awal  bagi mahasiswa yang ingin menjadi entrepreneur. Karena apabila setelah wisuda nanti namun belum mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bidangnya maka berwirausaha bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi tingkat pengangguran yang ada di Indonesia.

"Kegiatan ini bukan hanya sekedar untuk penilaian saja tetapi tujuannya adalah untuk menggali potensi kewirausahaan yang terdapat dalam diri seorang mahasiswa. Karena mahasiswa dituntut tidak hanya untuk menjadi pegawai saja tetapi juga bisa menciptakan lapangan pekerjaan untuk banyak orang Jangan berhenti untuk mencoba. Walaupun gagal coba terus yang insyaallah akan menemukan fashion atau usaha yang cocok dengan dirinya," tambahnya.

Ibu helmawati melanjutkan, Setiap matakuliah kewirausahaan akan selalu ada praktek terjun langsung ke lapangan dengan produk yang mereka buat bersama kelompoknya Cara kerja praktek lapangan ini yaitu membaginya menjadi beberapa kelompok yang masing-masing kelompok itu terdiri atas tiga orang. Setelah itu mereka merundingkan produk apa yang akan dibuat dan kemudian dipresentasikan di depan kelas, hingga berakhir di praktek lapangan.

Ir. Arfa Kasni MS, MMP, C. Ht,  salah seorang pengunjung yang bekerja sebagai Direktur di Competent Indonesia menuturkan praktek kuliah lapangan  ini memang sangat bagus, karena untuk menstimulan otak kanan kita agar menjauhkan kita dari rasa malu. Serta bisa mengaplikasikan ilmu-ilmu yang telah didapatkan selama belajar dalam kelas. Yang mana teori dengan praktek itu sangat berbeda dan melalui cara inilah bisa dilatih.

"Manfaatkan lah usia muda anda dengan hal-hal yang berpengaruh terhadap rencana hidup kita. Seperti halnya dengan merokok yaitu apa rencana hidup kita dengan merokok?  Jika tidak ada maka berhentilah merokok. Satu hal yang paling menentukan kesuksesan hidup kita kedepan adalah temukan bakat dan potensi diri anda," tuturnya.

Kemudian ia juga menambahkan, Mari kenali potensi diri anda, mulailah dari hal sederhana dengan cara memantaskan rasa malu anda dimana tempatnya kemudian mengenal bakat dan potensi diri yang sesungguhnya serta terus dilatih agar lebih mantap lagi.

Ananda oktaviani, mahasiswa kewirausahaan jurusan akuntansi mengungkapkan sangat beruntung dengan adanya matakuliah kewirausahaan ini, "senang sekali bisa melaksanakan praktek lapangan seperti ini. Karena bisa menyalurkan bakat entrepreneur yang ada pada diri kita masing-masing. Selain itu kita juga mendapatkan pengalaman melalui kuliah singkat yang diberikan oleh pengunjung yang bekerja sebagai Direktur di Competent Indonesia," ungkapnya.

 

Tiwi WP

WawasanProklamator.com Jauh Lebih Dekat

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar