Akhiri Masa Magang Cawan WP Dengan Kunjungan Media

Jumat, 17 November 2017 | 15:14:12 WIB Share
Akhiri Masa Magang Cawan WP Dengan Kunjungan Media

WAWASAN PROKLAMATOR,- Unit Kegiatan Mahasiswa Wawasan Proklamator (UKM-WP) mengadakan kujungan media ke Padang Ekspres dalam rangka penutupan masa magang bagi calon anggota (caang) dan calon wartawan (cawan) angkatan 2016 yang bertempat di Gedung Graha Pena, Jum’at (17/11/2017).

Koordinator open recruitment, Rama Yandi mengatakan kegiatan ini merupakan penutupan masa  magang para calon anggot (Caang) dan calon wartawan (Cawan) WP. Tujuan dilaksanakannya kunjungan media ini adalah untuk menambah wawasan cawan terhadap jurnalistik serta memperkenalkan dunia jurnalistik yang sebenarnya. 

"Setelah kunjungan media ini tahapan selanjutnya adalah sidang untuk menentukan lulus atau tidaknya cawan menjadi anggota dan wartawan WP. Dengan mengikuti kunjungan media ini para cawan diharapkan agar dapat memperdalam lagi ilmu tentang jurnalistik dan tetap bertahan sampai proses seleksi berakhir," tambahnya.

Pimpinan Umum Wawasan Proklamator, Giana Rahmadia Nengsih yang akrab disapa gia ini menuturkan kunjungan media merupakan salah satu tahapan yang dilalui para cawan untuk menjadi crew WP setelah melaksanakan proses magang selama beberapa bulan sebelum melanjutkan ke proses berikutnya. 

"Terimakasih kepada pihak padek yang telah meluangkan waktu dan tempat untuk kunjungan media ini. Semoga pihak padek kedepannya bisa menjalin kerja sama dengan UKM WP  dengan bentuk lebih dari sekedar kunjungan media. Untuk cawan terus lanjutkan perjuangannya hingga menjadi anggota, semoga nantinya menjadi anggota yang amanah," tuturnya.

Kegiatan ini diawali dengan diskusi bersama Zulkarnaini salah satu redaktur padek mengenai mekanisme peliputan hingga penerbitan berita. Mekanisme tersebut yakni dimulai dengan rapat pagi untuk membahas ide berita. Setiap repoter dituntut memberikan ide berita saat rapat tersebut, selanjutnya untuk didiskusikan bersama redaktur dan korlip serta pembagian tugas liputan.

Kemudian, usai liputan berlangsung diadakanlah rapat kembali untuk membahas hasil liputan oleh wartawan. Dilakukan proses editing hingga pemilihan berita untuk ditampilkan menjadi headline.

"Padek adalah surat kabar harian yang awal mula berdirinya pada 19 januari 1999, padek sendiri adalah anak perusahaan dari jawa pos group, yang telah berkembang menjadi beberapa perusahaan media," jelasnya.

Kemudian Zulkarnaini juga memaparkan pekerjaan sebagai seorang jurnalis mempunyai banyak tantangan dan ancaman yang didapat dari berbagai pihak yang merasa disudutkan dengan berita yang dibuat oleh wartawan.

"Selagi kita mengikuti aturan dalam kode etik Jurnalistik (KEJ), menjauhi unsur sara dan teliti dalam pembuatan berita maka tidak ada yang perlu ditakutkan karena jurnalis itu dilindungi oleh UU No. 40 tahun 1999," lanjut Zulkarnaini.

Usai diskusi, Zulkarnaini mengajak rombongan UKM WP untuk melihat bagian redaksi dan menjelaskan proses pembuatan berita dibagian redaksi. Setelah itu, rombongan UKM WP juga diajak melihat langsung gedung percetakan yang terletak di belakang Gedung Graha Pena.

Aqimissholah, Cawan WP menyebutkan dalam kunjungan ini tidak hanya diberikan informasi tentang padek saja, tapi juga diperlihatkan tempat percetakan yang berada di belakang kantor padek.

"Saya merasa senang setelah mengikuti kunjungan media ini karena mendapatkan banyak ilmu tentang dunia jurnalistik," ujar aqim.

 

(Cawan WP: Kessy Rahmantia)

WawasanProklamator.com Jauh Lebih Dekat

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar