UKM Wawasan Proklamator dan Biro Humas Sumbar Jalin Kerja Sama Rekuitmen Jurnalis

Jumat, 20 Oktober 2017 | 15:01:05 WIB Share
UKM Wawasan Proklamator dan Biro Humas Sumbar Jalin Kerja Sama Rekuitmen Jurnalis

WAWASAN PROKLAMATOR,- Selama memperoleh pendidikan di perguruan tinggi, mahasiswa tidak saja mengasah kemampuan hard skills saja, tetapi juga kemampuan soft skills sebagai bekal sebelum terjun ke tengah masayarakat. Untuk mengembangkannya tiap mahasiswa harus aktif mengikuti kegiatan dan tidak hanya kuliah saja, seperti mengikuti organsiasi kemahasiswaan baik tingkat fakultas maupun universitas dalam mengembangkan minat dan bakatnya.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Rektor III Universitas Bung Hatta saat memberikan sambutan usai Penandatanganan kerja sama antara Unit Kegiatan Mahasiswa Wawasan Proklamator (UKM-WP) dengan Biro Humas Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumatra Barat yang bertempat di Ruang Rapat Escape Building Kantor Gubernur Sumatra Barat, Jumat (20/10/2017).

"Kerja sama rekrutmen anggota UKM-WP untuk dapat bekerja langsung dan magang di Kantor Humas Provinsi ini sebagai bentuk sinergi antara kampus dan dunia kerja, karena dengan demikian akan mempercepat masa lulusan untuk memperoleh pekerjaan serta mengembangkan soft skill yang ingin menggeluti bidang pers ini," sebutnya.

Ia mengapresiasi, senang dan juga bangga dengan kegiatan MoU ini. Kampus sangat mendukung program ini dan terus berkomitmen dalam membangun Sumatra Barat. "UKM-WP merupakan unit kegiatan mahasiswa yang bergerak di bidang jurnalistik. Dengan MoU ini menjadi nilai tambah bagi yang ingin menjadi anggota UKM-WP karena dapat bekerja di Kantor Humas Provinsi. Tentunya sengat kualifikasi yang telah ditentukan," tambahnya.

Kepala Biro Humas Sekda Provinsi Sumbar Drs. Jasman, MM menyampaikan, saat ini tengah kekurangan personil untuk di bidang peliputan, sementara aktivitas pimpinan sangat padat sehingga membutuhkan tambahan anggota. Dipilihnya pers mahasiswa ini karena sudah memiliki kemampuan dasar dalam bidang jurnalistik sehingga ketika telah bergabung akan lebih cepat belajar dalam membuat realis, meliput dan kegiatan jurnalistik lainnya.

Biro Humas Sekda Provinsi Sumbar menjalin kerja sama dengan 3 perguruan tinggi yang memiliki pers kampus yaitu Suara Kampus dari UIN Imam Bonjol Padang, SKK Ganto dari Universitas Negeri Padang dan Wawasan Proklamator Universitas Bung Hatta.

"Public Relation itu sangat penting dalam suatu organisasi. Dengan adanya kerja sama ini adek-adek dari pers mahasiswa ini dapat menjadi langkah awal sebagai agen untuk menangkal isu hoax dan memberitakan hal yang positif. Hal ini juga sebagai upaya dalam membangkitkan literasi di Sumbar serta melahirkan jurnalis muda yang hebat," ujarnya.

Sementara itu Pimpinan Umum UKM Wawasan Proklamator Rahmadia Gia sangat menyambut baik dengan adanya MoU ini, karena selain mengembangkan kemampuan dan memperluas jejaring yang sangat dibutuhkan di era saat ini.

"Ini adalah kesempatan yang sangat baik apalagi dari sekian banyak lembaga pers kampus di Sumbar salah satunya dari Universitas Bung Hatta yang dipilih untuk menjalin kerja sama. Sebagai tindak lanjutnya kita akan terus berkomunikasi dengan Biro Humas Sekda Provinsi Sumbar untuk ketentuan dan hal yang lebih teknisnya," sebutnya.

 

REDAKSI

WawasanProklamator.com Jauh Lebih Dekat

 

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar