Universitas Bung Hatta Jadi Tuan Rumah Pelatihan Hunian PMI Regional Sumatera

Sabtu, 14 Oktober 2017 | 13:40:15 WIB Share

WAWASAN PROKLAMATOR,- Palang Merah Indonesia (PMI) menyelenggarakan pelatihan hunian PMI regional Sumatera yang diadakan pada  5-15 Oktober 2017, mengikut sertakan 5 (lima) provinsi di Sumatera, akhir dari kegiatan ini merupakan simulasi pelatihan hunian PMI yang diselenggarakan di lapangan volly Kampus Proklamator II, Sabtu (14/10/2017).

Mujitahidin, ketua pelaksana dari devisi penanggulangan bencana PMI pusat mengatakan kegiatan ini bekerja sama dengan PMI provinsi Sumatera Barat, PMI Kota Padang, Dinas Sosial Kota Padang, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Padang, Rektorat Universitas Bunghatta, dan KSR Universitas Bunghatta. Pemilihan Universitas Bung Hatta sebagai tempat simulasi pelatihan hunian PMI tidak terlepas dari nilai historisnya dan letaknya yang strategis

"Universitas Bung Hatta secara nilai historisnya ada hubungannya dengan hunian PMI, karena pada saat gempa Padang 2009 pernah diadakan seminar dan lokal karya, secara geografisnya Universitas Bung Hatta ideal dan strategis digunakan sebagai tempat simulasi ini," ujarnya.

Gudril salah satu anggota PMI mengatakan bahwa latar belakang kegiatan ini merupakan program kerja yang dilaksanakan untuk menyamakan kapasitas PMI provinsi dalam pelaksanaan hunian PMI, yang mana hunian PMI ini difokuskan pada kemudahan akses untuk para disabilitas.

"Latar belakang kegiatan ini untuk menyamakan kapasitas dari PMI provinsi untuk membuat hunian yang bermartabat dan ramah bagi disabilitas,"katanya.

Dinas Sosial Sumatera Barat Afrizal merupakan staf linjamsos Perlindungan Sosial Korban Bantuan Sosial (PSKBS) Kota Padang mengatakan bahwa kegiatan ini untuk mengikat kerja sama nantinya dalam menghadapi bencana alam yang terjadi didaerah.

"Kegiatan ini dimaksudkan agar dinas terkait dan PMI saling bersinergi dan berkesinambungan dalam menghadapi bencana alam, selain itu juga menambah pengetahuan dalam membangun hunian PMI," jelasnya.

BPDP provinsi Sumatera Barat Anita Dika Rina menyatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat karena banyak pengetahuan dalam penyediaan hunian PMI.

"Dalam kegiatan ini saya banyak mendapatkan ilmu dalam kegiatan ini selain itu dapat menjalin kerja sama yang baik dengan dinas yang terkait dari berbagai provinsi di Sumatera," ucapnya.

 

CAWAN WP : Kessy

WawasanProklamator.com Jauh Lebih Dekat

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar