Universitas Bung Hatta, PERSIAPKAN HKBN

Rabu, 12 April 2017 | 14:22:12 WIB Share
Universitas Bung Hatta, PERSIAPKAN HKBN

WAWASAN PROKLAMATOR,- Untuk memperingati  Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) beserta Universitas Bung Hatta mengadakan sosialisasi persiapan simulasi bencana yang berlangsung di Ruang Sidang Pasca Sarjana Kampus Proklamator  I, Rabu (12/04/2017).

Sekretaris BPBD Sumbar, Eliyusman, S.H., M.M yang juga Alumni Sarjana Hukum Universitas Bung Hatta ini menyebutkan peringatan HKBN merupakan hari perdana kesiapsiagaan secara Nasional. Karena 26 April 2017 tersebut bertepatan dengan peringatan 10 tahun lahirnya UU No. 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana.

“Provinsi Sumatera Barat merupakan salah satu Provinsi yang memiliki resiko tinggi terhadap bencana. Peringatan yang akan diselenggarakan pada 26 April 2017 nanti akan melakukan bebarapa kegiatan, seperti uji coba sirine/ tanda peringatan dini, uji coba penggunaan tempat evaluasi sementara/ shelter, uji coba evaluasi mandiri masyarakat, sekolah, perguruan tinggi, institusi dan dunia usaha. Untuk melakukan kegiatan ini diharapkan mahasiswa ikut serta dalam kegiatan ini bersama masyarakat setempat,” harapnya.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Kota Padang, Elfian menuturkan kegiatan ini secara serentak dilakukan di Kota, Kabupaten dan Provinsi seluruh Indonesia dengan tagline siap untuk selamat. Yang bertujuan membudayakan latihan secara terpadu, terencana dan berkesinambungan dalam meningkatkan kesadaran, kewaspadaan serta kesiapsiagaan masyarakat menuju Indonesia tangguh bencana.

"Kegiatan ini lebih diutamakan pada upaya penyelamatan diri terhadap gempa atau pun bencana lain. Agar masyarakat bisa mengerti apa tindakan yang harus dilakukan pada saat bencana itu terjadi," harapnya.

Dr. Diana Kartika M.Hum, Wakil Rektor III menyampaikan kegiatan ini sangat bagus untuk meningkatkan dan mempersiapkan diri dalam menghadapi situasi bencana. Ini dilakukan untuk menyambut HKBN yang akan dilaksanakan pada 26 April 2017 mendatang.

"Agar kegiatan ini berjalan dengan lancar, maka diharapkan kepada semua Lembaga yang tergabung dalam Universitas Bung Hatta turut berpartisipasi dalam kegiatan HKBN nanti," harapnya.

 

(Ajo WP)

WawasanProklamator.com  Jauh Lebih Dekat

 

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar