Maulana Yusup Rosadi, Mahasiswa Pertama Student Exchange Teknik Kimia-GU Jepang

Sabtu, 12 Desember 2015 | 01:24:04 WIB Share
Maulana Yusup Rosadi, Mahasiswa Pertama Student Exchange Teknik Kimia-GU Jepang

Maulana Yusuf Rosadi, berfoto bersama dengan Pimpinan Fakultas Teknologi Industri dan jajaran sebelum berangkat ke Jepang, Kamis (10/12/2015). (foto: Dokumentasi Maulana Yusuf Rosadi)

WAWASAN PROKLAMATOR,- Universitas Bung Hatta dan Gifu Unifersity (GU) Jepang memperkuat kerja sama kedua pihak dengan melakukan program Student Exchange atau pertukaran mahasiswa. Program ini merupakan tindak lanjut dari penandatangaan Momerandum of Understanding (MoU) Universitas Bung Hatta dan Gifu University Jepang dalam kegiatan The 1st International Joint Meeting of Global Enviromental and Energy Course di tahun 2014.

Sebelumnya, seorang mahasiswa Gifu University Morishita Youji datang ke Universitas Bung Hatta untuk melakukan program Student Exchange pada September 2015 lalu. Kemarin, Jumat (11/12/2015) pagi, Maulana Yusup Rosadi Mahasiswa Jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta Angkatan 2012 berangkat ke Gifu University Jepang untuk mengikuti program student exchange selama 2 bulan dari 11 Desember 2015 hingga 11 Februari 2016.

Dr. Eng Reni Desmiarti, ST, MT., Ketua Jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta mengatakan program ini merupakan hasil kerja sama antara Universitas Bung Hatta dengan Gifu University serta 24 perguruan tinggi lainnya di dunia yang telah terjalin sejak tahun 2014.  "Nantinya, mahasiswa Universitas Bung Hatta akan belajar dan melakukan penelitian di Gifu University, sedangakan untuk dosen dapat melakukan riset dan seminar internasional bersama," sebut Reni.

Ia menyampaikan pengiriman mahasiswa student exchange untuk untuk memperkuat kerja sama kedua perguruan tinggi ini. Untuk pertama kalinya program ini dilaksanakan pada bulan September 2015 lalu, seorang mahasiswa Gifu University Morishita Youji akan datang ke Universitas Bung Hatta untuk melakukan program Student Exchange.

"Kemudian saya sendiri mengikuti The 2nd Internasional Joint Meeting Of Global Environment and Energy Course (GU-GLEE) pada 4-6 November 2015 Di Gifu University dengan judul makalah Behavior Of Microorganisms In Water Using Radio Frequency Plasma System," ujarnya.

Dikatakan Reni, sebelumnya telah dilaksanakan kerja sama antara Gifu University dengan Universitas Bung Hatta melalui Jurusan Teknik Kimia untuk program Basin Water Environmental Leader (BWEL). Program ini untuk memberikan kesempatan bagi orang alumni Jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta yang ingin melanjutkan pendidikan magister (S2) di Gifu University.

"Sejak tahun 2010 hingga saat ini terdapat 6 orang alumni Jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta yang sedang dan telah mengikuti program magister bahkan ada yang melanjukan untuk mengambil program doktoral di Gifu University. Pada bulan September 2015 lalu, satu alumni Jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta yaitu Erda Rahmilaila Desfitri telah berangkat untuk melanjutkan pendidikan S2," tambahnya.

Dekan Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta Drs. Ir. Mulyanef, M.Sc mengatakan pimpinan fakultas sangat mendukung program student exchenge ini sebagai bagian dari pengembangan akademik mahasiswa. Kedepanya akan lebih banyak lagi mahasiswa Fakutlas Teknologi Industri yang mengikuti program student exchenge ini seiring dengan telah terjalinnya berbagai kerja sama dengan perguruan tinggi dalam dan luar negeri.

"Seperti beberapa waktu yang lalu telah melakukan kerja sama dengan Universiti Kebangsaan Malaysia. Hal ini juga sebagai bekal nantinya dalam memperkuat institusi untuk dapat bersaing dalam menyambut era Masyarakat Ekonomi ASEAN," imbuhnya.

Maulana Yusup Rosadi mengucapkan rasa syukurnya atas kesempatan yang telah diberikan kepadanya untuk dapat menimba ilmu di Gifu University, meskipun beberapa bulan saja. Sudah banyak hal yang telah dipersiapkannya, dimulai mengenal lebih dalam lagi kebudayaan dan bahasa Jepang disampaing bahasa Inggris.

"Sebagai mahasiswa pertama di Jurusan Teknik Kimia yang mengikuti program student exchange ini, tentunya dapat memberikan motivasi kepada mahasiswa lainnya untuk terus giat belajar dan memperkuat kemampuan bahasa Inggris," sebutnya.

Dalam pertemuan ini juga hadir Wakil Dekan Fakultas Teknologi Industri Ir. Yani Ridal, MT, Dosen Jurusan Teknik Kimia Dra. Munas Martynis, M.Si dan Kepala Tata Usaha Fakultas Teknologi Industri Syafril RS.

(UbayWP)

WawasanProklamator.com
Jauh Lebih Dekat

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar