BUNG HATTA MUDA

MAHASISWA UNIVERSITAS BUNG HATTA MASUK 15 BESAR FINALIS DUTA PDAM KOTA PADANG 2019

Mahasiswa Universitas Bung Hatta Masuk 15 Besar Finalis Duta PDAM Kota Padang 2019

Minggu, 29 Desember 2019

WAWASAN PROKLAMATOR,- Leonardus Gunawan mahasiswa Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan (PSP) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan...

Mahasiswa FEB Sabet Juara III dalam Turnamen Catur

Mahasiswa FEB Sabet Juara III dalam Turnamen Catur

Senin, 23 Desember 2019

WAWASAN PROKLAMATOR,- Yubilio Zuli mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) angkatan 2018 peroleh juara ke-3 dalam...

Dede Hermawan : Memberdayakan Guru Melalui “Pasti Hebat

Dede Hermawan : Memberdayakan Guru Melalui

Senin, 08 April 2019

WAWASAN PROLAMATOR,- Dede Hermawan merupakan alumni Universitas Bung Hatta angkatan 2008  dan saat ini menjadi founder dan Chief Executive...

FEATURE

Jumat, 08 November 2019

LEO WP

Pantai Padang, Gelora Alam Nan Memesona

2019-11-10 23:26:13WAWASAN PROKLAMATOR,- Sumatera Barat terkenal dengan segala pesonanya, baik dari wisata kuliner, budaya, serta alamnya nan indah tuk dikunjungi....

Kontroversi Pemasangan SpandukJadwal Pelunasan Uang Kuliah

Jumat, 27 Desember 2019 Share
Kontoversi Pemasangan SpandukJadwal Pelunasan Uang Kuliah

Spanduk pelunasan uang kuliah di Kampus Proklamator II

WAWASAN PROKLAMATOR,- Media luar ruangan mampu memengaruhi dan mendorong massa yang melihatnya, hal ini dikarenakan media luar ruangan mempunyai efek pengulangan pesan secara berkali-kali setiap melihat media tersebut. Salah satu jenis media luar ruangan ini ialah spanduk.Telah terpasangnya spanduk di gedung 1 Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta, tentang informasi jadwal pelunasan uang kuliah ditanggapi keras oleh kalangan mahasiswa, selain membuat mata risih juga memberikan kesan tidak baik untuk mahasiswa.

Informasi tersebut dinilai memberikan penilaian secara tidak langsung kepada mahasiswa bahwasanya mahasiswa yang mengenyam pendidikan di kampus Universitas Bung Hatta tidak membayar uang kuliah pada waktu yang telah ditentukan.

Tak hanya itu, kedatangan pengunjung atau pun tamu ke Universitas Bung Hatta tentunya akan beranggapan spanduk seperti itu tidak seharusnya dipasang di ruang publik. Dengan kemajuan teknologi yang dicanangkan seperti Revolusi Industri 4.0, seharusnya pihak kampus bisa memperdayakannya dengan baik, penginformasian bisa melalui media informasi website, media sosial, dan media yang lain sesuai dengan kemajuan zaman pada saat ini.

Beberapa mahasiswa merasa tidak nyaman dengan adanya spanduk biaya pelunasan uang kuliah, dikarenakan menurut mereka pihak kampus bisa saja menggunakan cara lain yang lebih baik. Seperti biasanya melalui pesan singkat (Short Message Service) yang mengatasnamakan Universitas Bung Hatta atau bekerjasama dengan ketua jurusan yang ada di Universitas Bung Hatta.

Dengan memasang spanduk seperti itu membuat citra kampus terlihat buruk. Tidak perlu pihak kampus mendirikan spanduk di depan gedung dengan ukuran yang relatif besar. Kita punya portal ataupun website yang selalu dikunjungi oleh mahasiswa, melalui media tersebut dapat menginformasikan soal pelunasan biaya kuliah.

Penempelan pemberitahuan jadwal pelunasan uang kuliah di mading-mading setiap fakultas  sudah dirasa cukup daripada memasang sebuah spanduk besar di halaman kampus, pendapat mahasiswa berinisial AM.

Mahasiswa kecewa kepada pihak kampus, mereka berasumsi spanduk pemberitahuan ini ialah "pemerasan," karena apabila tidak segera dilunasi mahasiswa tidak dapat mengikuti Ujian Akhir Semester (UAS).

Mahasiswa berinisial MA keluhkan tindakan pemasangan spanduk oleh pihak kampus. Sejatinya tidak semua mahasiswa berada pada level ekonomi menengah keatas. Bagaimana nasib kawan-kawan kami yang susah dalam finansialnya? Akankah mereka melepaskan keinginannya untuk menuntut ilmu? Sepatutnya pihak kampus terjun ke lapangan dengarkan keluhan kami.

Pihak kampus seolah-olah yang salah dalam hal ini. Bukankah ini keinginan pihak kampus untuk menarik mahasiswa masuk dengan sistem cicilan? Mengapa membuat aturan seperti itu (cicilan uang kuliah bertahap) untuk mahasiswa, tetapi akhirnya pihak kampus juga yang akan kerepotan meminta uang kuliah itu.

Disisi lain pemasangan spanduk bertujuan untuk  menegaskan kepada mahasiswa yang belum melunasi kewajibannya, karena pemberitahuan tentang pelunasan ini tidak sampai langsung kepada mahasiswa karena berbagai hal. Pihak kampus tidak akan melakukan ini apabila mahasiswa segera melunasi uang kuliahnya.

 

REDAKSI

WawasanProklamator.com Jauh Lebih Dekat

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar