BUNG HATTA MUDA

Mahasiswa Universitas Bung Hatta  Terpilih Menjadi Duta Genre Inspirator Putri Kota Padang 2020

Mahasiswa Universitas Bung Hatta Terpilih Menjadi Duta Genre Inspirator Putri Kota Padang 2020

Minggu, 23 Februari 2020

WAWASAN PROKLAMATOR,- Riri Agusti Muchtar mahasiswi dari Program Studi Sastra Jepang Fakultas Ilmu Budaya (FIB) angkatan 2019...

MAHASISWA UNIVERSITAS BUNG HATTA MASUK 15 BESAR FINALIS DUTA PDAM KOTA PADANG 2019

Mahasiswa Universitas Bung Hatta Masuk 15 Besar Finalis Duta PDAM Kota Padang 2019

Minggu, 29 Desember 2019

WAWASAN PROKLAMATOR,- Leonardus Gunawan mahasiswa Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan (PSP) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan...

Mahasiswa FEB Sabet Juara III dalam Turnamen Catur

Mahasiswa FEB Sabet Juara III dalam Turnamen Catur

Senin, 23 Desember 2019

WAWASAN PROKLAMATOR,- Yubilio Zuli mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) angkatan 2018 peroleh juara ke-3 dalam...

FEATURE

Jumat, 05 Juni 2020

Dila WP

Lebaran Ditengah Pandemi COVID-19

foto thumbnailWAWASAN PROKLAMATOR,- Tepat satu minggu lalu takbir menggema diseluruh penjuru negeri, seluruh umat muslim di dunia termasuk Indonesia menuju hari...

Nur Amalina, Miliki Segudang Prestasi Hingga Menjadi Tamu Rasulullah di Telaga Al-Kautsar

Ona WP
Minggu, 13 Januari 2019 Share
Nur Amalina, Miliki Segudang Prestasi Hingga Menjadi Tamu Rasulullah di Telaga Al-Kautsar

WAWASAN PROKLAMATOR,- Nur Amalina adalah Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Bung Hatta angkatan 2016 yang memiliki segudang  prestasi sejak kecil. Perempuan kelahiran 10 Agustus 1998 memiliki hobi memasak, membaca, dan juga menulis.

"Jika kita tidak mampu bermanfaat buat orang lain secara materi. Setidaknya dengan menulis, akan ada tulisan-tulisan  yang mengalir dan bermanfaat bagi orang yang membacanya. Bila masa hidup ini tiada lagi, setidaknya ada sedikit pahala yang mengalir dari tulisan-tulisan yang saya tulis.  Kata-kata ini  yang menginspirasi saya untuk menulis," ujarnya.

Anak pertama dari pasangan Khadijah dan Harpito ini menyalurkan bakat menulisnya dalam sebuah buku yang berjudul The Future Breath yang saat ini masih dalam proses penulisan.

"Itu semua hanyalah titipan dan semua itu tercapai tak lepas dari doa kedua orang tua, keluarga, sahabat, dan teman-teman saya. Jadi tidak ada yang bisa dibanggakan, karena di atas langit masih ada langit. Hal penting kita harus bersyukur, karena sudah dipercaya bisa memiliki prestasi yang tidak seberapa dibanding orang-orang yg terlebih dahulu hebat dibandingkan saya," jelasnya.

Perempuan yang akrab dipanggil Nur ini, telah menorehkan berbagai prestasi. Proses yang panjang dari Taman Kanak-kanak (TK), Nur sudah  mendapat juara satu (1) pidato bahasa arab antar Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) dan juara dua (2) bacaan surat pendek antar TPQ. Saat berada di bangku Sekolah Dasar (SD), Nur mendapatkan juara satu (1) Lomba Cerdas Cermat (LCC) islami antar TPQ, juara tiga (3) tari tradisional antar desa, dan juara dua (2) tari modern antar desa.

Saat berada di Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP), Nur berhasil menorehkan berbagai prestasi seperti: juara satu (1) LCC tingkat SLTP, juara tiga (3) debat antar Madrasah tingkat kecamatan, juara dua (2) pada kelas 7 di Madrasah tsanawiyah Negeri (MTsN), juara umum MTsN Danau Kerinci pada kelas 8, juara satu (1) lomba Teknologi Informasi (IT) dalam pembuatan poster islami tingkat SLTP yang diadakan oleh Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 sungai penuh, dan juara tiga (3) Olimpiade Fisika tingkat Provinsi Jambi. Saat di SLTA, Nur mendapatkan Terbaik satu (1) busana muslimah tingkat SLTA, juara dua (2) di kelas XI, harapan satu (1) pemilihan Putri terbaik MAN 1 Sungai Penuh, juara satu (1) puisi antar kelas, dan terbaik tiga (3) LCC antar kelas di MAN.

Tidak hanya berhenti ditingkat sekolah, di Universitas Bung Hatta Nur juga menorehkan banyak prestasi. Diantaranya adalah menjadi Terbaik satu (1) lomba karya tulis ilmiah di Purwokerto Jawa Tengah, menjadi peserta terbaik lomba puisi nasional, mendapatkan Indeks Prestasi (IP) 3.96, terpilih sebagai Penerima Beasiswa Prestasi Provinsi Jambi 2018/2019, dan menjadi peserta terbaik Rafting di Banjar Negara Jawa Tengah.

"Pada saat mengikuti acara Mahasiswa Berprestasi Academy di Purwokerto Jawa Tengah tak kalah pentingnya. Karena disana saya bertemu orang-orang  yang luar biasa. Mereka berasal  dari UI, UGM, UNPAD, TELKOM, dan seluruh universitas se-Indonesia. Kita bisa belajar banyak hal disana, kita bisa bertukar pikiran disana, kita tau sejauh mana kemampuan kita, disanalah kita buktikan siapa diri kita. Karena bukan hanya universitas negeri yang  bisa berprestasi," ungkapnya.

Terpiih sebagai penerima Beasiswa Prestasi Provinsi Jambi 2018/2019 bukanlah proses yang mudah. Beasiswa ini ada 2 tahapan yang harus di lalui: pertama, seleksi berkas IP dan kedua, tahap wawancara serta penyerahan berkas asli.

"Saat itu saya harus bolak balik Padang-Kerinci-Jambi dan mengorbankan banyak hal. Saya telah melewatkan kuliah hampir melebihi dari empat kali pertemuan. Tapi, alhamdulillah dosen saya mendukung wawancara beasiswa ini. Saat pengumuman telah tiba, alhamdulillah saya dinyatakan lulus Beasiswa Prestasi Provinsi Jambi," imbuhnya.

Menjadi tamu Rasulullah bersama keluarga di telaga Al-kautsar dan memeluknya dengan kerinduan. serta bersyukur merupakan motto dari perempuan manis pegang dari kecil. Karena sejatinya usaha  dan doa tidak akan berkhianat serta restu dari  Orang tua yang paling utama setelah Allah swt.

"Al Kautsar adalah sungai yang dijanjikan oleh Rabbku azza wa jalla. Sungai tersebut memiliki kebaikan yang banyak. Ia adalah telaga yang nanti akan didatangi oleh umatku pada hari kiamat nanti. Bejana (gelas) di telaga tersebut sejumlah bintang di langit. Namun ada dari sebagian hamba yang tidak bisa minum dari telaga tersebut.  Allah berfirman: Tidakkah engkau tahu bahwa mereka telah amalan baru sesudahmu." (HR. Muslim, no. 400).

"Untuk Bung Hatta Muda, jangan pernah merasa puas akan ilmu yang sudah didapatkan. Teruslah menggali ilmu karena dengan ilmu lah kita bisa menjadi seorang berilmu dan jangan lupa bersyukur kepada Allah swt," harap Nur.

 

 

ONA WP

WawasanProklamator.com Jauh Lebih Dekat

 

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar