Kurangnya Minat Mahasiswa Terhadap Organisasi

Jumat, 26 Mei 2017 Share

WAWASAN PROKLAMATOR,- Saat ini ilmu organisasi itu sangatlah penting karena disinilah kita bisa langsung terjun ke tengah Masyarakat. Tetapi, begitu mirisnya terhadap Mahasiswa kita zaman sekarang yang sudah kurang minatnya untuk mengikuti kegiatan organisasi baik itu di luar maupun di dalam Kampus.  

Di dalam dunia Kampus, berorganisasi itu sangatlah penting karena yang pertama, untuk mencari nilai artinya, sebagian orang lebih percaya dengan pembuktian statistik nilai yang diperolehnya apakah seseorang itu mampu atau tidak. Yang kedua, mencari ilmu disinilah yang harus dipelajari oleh para Mahasiswa/Mahasiswi agar tidak hanya mempelajari teori dari buku, namun juga praktek berorganisasi. Disinilah pentingnya mengikuti organisasi karena banyak ilmu tambahan terutama prakteknya yang tidak didapatkan dalam Kelas. Yang ketiga, mencari teman maksudnya dengan bergabung disuatu organisasi maka akan memudahkan kita untuk berhubungan dengan orang lain tidak hanya teman Fakultas atau Kelas kita saja tetapi juga bisa antar Kampus yang berbeda.

Padahal, jika kita ikut dalam berorganisasi banyak manfaat yang kita dapatkan seperti membuat kita menjadi lebih disiplin terutama terhadap waktu, menghargai pendapat orang lain yang apabila berbeda pendapat dengan diri kita, melatih emosional kita menjadi terkendali, mengajarkan kita cara berbicara yang baik dan sopan didepan umum, mendapatkan banyak teman, menambah wawasan dan pengetahuan serta mengajarkan kita untuk bersikap tanggung jawab dalam mengerjakan sesuatu atau bahkan ketika memimpin sebuah kelompok.

Sebaliknya jika kita hanya kuliah pulang saja kita tidak akan pernah mendapatkan apa-apa, kita hanya mendapatkan teori akademik berupa hardskill saja, sementara softskill tidak pernah kita dapatkan dan itu rasanya akan sangat merugikan bagi diri kita sendiri.

Bahkan dalam dunia kerja ilmu organisasi itu sangat dibutuhkan. Banyak fresh graduate yang memiliki IPK tinggi tetapi kalah saing saat mengikuti test psikotes. Hasil nilai yang paling tinggi adalah mereka yang telah terjun kedalam dunia organisasi. Sedangkan perusahaan menginginkan kita untuk melampirkan sertifikat tanda keaktifan selama di Kampus. Kebanyakan Mahasiswa/Mahasiswi sekarang ini kurang sadar akan organisasi.

Dari segi prestasi Mahasiswa yang mengikuti kegiatan organisasi tersebut membawa pengaruh yang positif terhadap diri mereka seperti IPK tetap berada diatas rata-rata, tugas juga tidak ketinggalan. Tetapi, kenapa saat ini minat Mahasiswa tersebut sangat minim sekali untuk bergabung dalam sebuah organisasi? Hal ini selalu menjadi tanda tanya dalam pikiran kita. Ada apa dengan Mahasiswa zaman sekarang ini yang sudah tidak lagi peduli terhadap organisasi. Mau jadi apa negara ini jika Mahasiswa tidak mempedulikan sebuah organisasi tersebut. Untuk itu, dari sekarang mulailah bergabung dalam kegiatan berorganisasi agar ilmu yang kita dapatkan itu seimbang serta memudahkan kita ketika telah wisuda nanti.

                                                             

REDAKSI

WawasanProklamator.com Jauh Lebih Dekat

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar