Simulasi Siap Siaga Bencana Gempa Bumi dan Tsunami di Universitas Bung Hatta

Tiwi WP
Rabu, 26 April 2017 Share

WAWASAN PROKLAMATOR,- Di pagi hari yang cerah itu tepat pukul 10.00 WIB telah terjadi Gempa Bumi di Kota Padang, Sumatera Barat. Saat itu semua civitas akademika Universitas Bung Hatta berhamburan lari keluar ruangan menuju lapangan terbuka. (Baca: Universitas Bung Hatta, Persiapkan HKBN).

Berdasarkan hasil informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) serta Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Gempa ini berpotensi adanya Tsunami. Gema sirine mulai terdengar di seluruh penjuru civitas akademika Universitas Bung Hatta, pelajar, dan masyarakat yang ada di lingkungan Kampus berlari melewati gerbang Kampus menuju shalter tempat evakuasi bencana yang letaknya tidak jauh dari lingkungan Kampus. Semuanya bergegas menuju shalter tersebut dan menunggu informasi selanjutnya dari instansi terkait.   

Begitulah kiranya suasana saat simulasi Gempa dan Tsunami yang dilakukan oleh Universitas Bung Hatta dan masyarakat lingkungan Kampus, Rabu (26/04/2017).

Kegiatan ini diadakan dalam rangka hari perdana kesiapsiagaan secara Nasional. Karena 26 April 2017 bertepatan dengan peringatan 10 tahun lahirnya UU No. 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana. Yang melibatkan partisipasi dari lembaga/instansi, lembaga usaha, organisasi kemasyarakatan, organisasi keagaamaan, organisasi profesi, media massa, sekolah dan perguruan tinggi.

kegiatan ini secara serentak dilakukan di seluruh Indonesia dengan tagline siap untuk selamat. Bertujuan membudayakan latihan secara terpadu, terencana dan berkesinambungan dalam meningkatkan kesadaran, kewaspadaan serta kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana.

 

(Tiwi WP)                                                         

WawasanProklamator.com Jauh Lebih Dekat

 

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar