Teruntuk Mahasiswa Baru yang Baru Terjun di Dunia Perkuliahan, Jangan Salah Kaprah

Riva Guslina
Selasa, 04 Oktober 2016 Share
Tips untuk mahasiswa baru yang masuk dunia perkuliahan

Biasanya anak anak SMA membayangkan bahwa dunia perkuliahan itu sangat enak. Masuk nya tidak harus dari pagi, kuliah nya tidak full dari pagi hingga sore, baju nya bebas, tidak bawa buku cetak dan lain sebagainya. Ya seperti di FTV gitu. Tapi apakah pada kenyataan nya begitu? Jika kenyataan nya seperti itu mungkin tidak akan ada mahasiswa dengan istilah mahasiswa abadi.

Nah karena presepsi yang salah seperti itu, maka anak SMA yang baru lulus, atau menjadi maba malah kewalahan ketika memasuki dunia perkuliahan dengan nyata. Pelajaran keteteran, tugas berantakan dan keuangan malah menipis. Itu semua terjadi karena tidak ada kesiapan mental dan kesalahan presepsi mengenai dunia perkuliahan.

Nah saya akan memberikan sedikit tips untuk kamu kamu yang akan memasuki dunia perkuliahan. Agar kamu tidak salah kaprah dan tidak kewalahan menghadapi keras nya dunia perkuliahan ini.

1. Mantapkan hati mu. Ketika kamu sudah mantap dengan pilihan mu, apa pun rintangan yang kamu hadapi akan   kamu lalui dengan mudah dan dengan senang hati. Jika kamu tidak mantap akan jurusan mu maka kamu akan sulit menjalan kan nya, karena hati mu tidak ada pada jurusan itu.

2. Jangan remehkan kesehatan. Biasanya mahasiswa baru ini selalu menyepelekan kesehatannya karena mulai sibuk. Apalagi dia yang tinggal jauh dari orang tua nya. Sudah tidak ada lagi yang mengingat kan makan. Kita makan dengan tidak teratur dan makan makanan yang kurang sehat. Bagaimana kita akan beraktifitas jika kesehatan kita terganggu?

3. Rencanakan keberhasilan mu sajak dini. Ketika baru pertama kali masuk dunia perkuliahan, buat lah sebuah target. Dengan ada nya target maka kamu akan mempunyai sebuah tujuan dan tau apa yang harus dikejar.

4. Setelah kamu merencanakan target, buat lah strategi untuk mencapai target tersebut. Seperti atur jadwal belajar.

5. Kumpul dengan komunitas atau sebuah organisasi. Komunitas atau organisasi merupakan tempat belajar kehidupan. Dikelas merupakan tempat belajar teori maka kita akan mengaplikasikan nya dikehidupan organisasi.

6. Ikuti kuliah dengan baik dan coba kenali karakteristik dosen mu. Dengan mengenali karaktersitik dosen mu maka kamu akan lebih gampang belajar dengan dosen tersebut.

7.Yang paling penting dari itu semua kita harus bisa memanagemen waktu dengan baik. Kita harus pandai pandai mengatur jadwal kita agar tidak ada yang bentrok.

Sebenar nya perkuliahan itu tidak menyeramkan, hanya saja tergantung bagaimana kita menjalan kan nya dan bagaiman tujuan kita. Apa kah kita bisa berkomitmen dengan tujuan awal kita saat memasuk kuliah. Dengan niat, tujuan dan komitmen yang kuat kita akan bisa menjalani semuanya dengan baik.

Ini sedikit tips buat adik adik yang akan memasuki dunia perkuliahan. Semoga bermanfaat ya .

(Cawan WP : Riva Guslina)

WawasanProklamator.com jauh lebih dekat

Artikel Pernik / Tips dan Tren lainnya

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar