BUNG HATTA MUDA

Dede Hermawan : Memberdayakan Guru Melalui “Pasti Hebat

Dede Hermawan : Memberdayakan Guru Melalui

Senin, 08 April 2019

WAWASAN PROLAMATOR,- Dede Hermawan merupakan alumni Universitas Bung Hatta angkatan 2008  dan saat ini menjadi founder dan Chief Executive...

Arif Fadilah Ahmad, Sang Lincah Pejuang Lembaga Dakwah Kampus  Hingga The Special of Asdos

Arif Fadilah Ahmad, Sang Lincah Pejuang Lembaga Dakwah Kampus Hingga The Special of Asdos

Rabu, 06 Februari 2019

WAWASAN PROKLAMATOR,- Hanya di semester lima, Indeks Prestasi Komulatif (IPK) tidak benar-benar bulat. Sisanya, di semester satu, dua, tiga, empat,...

Nur Amalina, Miliki Segudang Prestasi Hingga Menjadi Tamu Rasulullah di Telaga Al-Kautsar

Nur Amalina, Miliki Segudang Prestasi Hingga Menjadi Tamu Rasulullah di Telaga Al-Kautsar

Minggu, 13 Januari 2019

WAWASAN PROKLAMATOR,- Nur Amalina adalah Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Bung Hatta angkatan 2016 yang memiliki...

FEATURE

Minggu, 30 Desember 2018

Sari WP

Semangat Pedagang Kaki Lima di Usia yang Tidak Muda Lagi

foto thumbnailWAWASAN PROKLAMATOR- Mengawali menjual langsat diusia 40 tahun, hingga kini Pak Syaiful masih semangat dalam menjalani profesi nya sebagai pedagang...

Tips membagi waktu

Irna Syafitri
Jumat, 30 September 2016 Share

WAWASAN PROKLAMATOR,- Mahasiswa rentan dengan berbagai kegiatan, baik itu di kampus maupun non kampus. Sehingga tak banyak mahasiswa yang sulit untuk bisa membagi waktunya secara efesien. Kadang mahasiswa tersebut juga tidak bisa membedakan mana kegiatan yang penting dengan kegiatan yang tidak mendesak. Jika sudah begini pasti mahasiswa pusing sendiri untuk memilih yang mana menjadi prioritas utamanya, Sehingga ujung - ujungnya tugas kuliah pun menjadi terlantar karena tidak bisa membagi waktu dengan baik.

Untuk itu diperlukan kemampuan dalam membagi waktu dengan baik. Agar semua tugas dan kegiatan tidak ada yang terbengkalai. adapun beberapa tips untuk membagi waktu dengan baik dan efisien adalah sebagai berikut:

  1. Kalender semester. Cek lah kalender semester dan buat list kegiatan rutin dan kegiataan penting. Agar tidak bentrok dengan kegiatan lain.
  2. Tentukan prioritas mu. Dahulukan kegiatan yang penting, lalu kegiatan yang penting namun tidak mendesak tinggalkan terlebih dahulu. Karena biasanya mahasiswa akan terkecoh dengan kegiatan yang penting saat mendesak.
  3. Pandai berkomunikasi. Kita harus pandai pandai berbicara. Jika kita memiliki kepentingan yang mendesak kita harus mengatakan tidak kepada orang yang mendesak kegiatan  yang tak penting.
  4. Jangan menunda pekerjaan. Selain akan menumpuk pekerjaan juga akan menambah stress yang akan mengakibatkan kita menjadi tidak fokus dan akhirnya pekerjaan atau kegiatan tersebut tidak terselesaikan.
  5. Lakukan kegiatan yang sulit di awal minggu dan kegiatan rutin di pertengahan minggu agar ada hari untuk menenangkan pikiran.
  6. Membagi tugas yang panjang ke dalam kegiatan kecil agar tidak terlalu suntuk. Biasanya kegiatan yang tak menyenangkan akan terasa panjang. Makanya harus membagi kecil agar terasa ringan.
  7. Kenali waktu produktif. Kita tidak akan mempunyai waktu produktif yang sama setiap waktunya. Oleh karena itu kita harus mampu mengenali waktu produktif agar kegiatan bisa lebih cepat terselesaikan.
  8. Rencanakan waktu untuk kegiatan tak terduga. Biasanya kita memiliki kegiatan tak terduga. Jadi kita tak kalang kabut saat ada kegiatan tak terduga.

Inilah sedikit tips dari sekian banyak cara untuk membagi waktu dengan baik. Semoga tips ini bermanfaat khususnya mahasiswa yang memiliki kegiatan yang banyak.

(Cawan wp : Irna Syafitri)

WawasanProklamator.comJauh Lebih Dekat

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar