BUNG HATTA MUDA

Dede Hermawan : Memberdayakan Guru Melalui “Pasti Hebat

Dede Hermawan : Memberdayakan Guru Melalui

Senin, 08 April 2019

WAWASAN PROLAMATOR,- Dede Hermawan merupakan alumni Universitas Bung Hatta angkatan 2008  dan saat ini menjadi founder dan Chief Executive...

Arif Fadilah Ahmad, Sang Lincah Pejuang Lembaga Dakwah Kampus  Hingga The Special of Asdos

Arif Fadilah Ahmad, Sang Lincah Pejuang Lembaga Dakwah Kampus Hingga The Special of Asdos

Rabu, 06 Februari 2019

WAWASAN PROKLAMATOR,- Hanya di semester lima, Indeks Prestasi Komulatif (IPK) tidak benar-benar bulat. Sisanya, di semester satu, dua, tiga, empat,...

Nur Amalina, Miliki Segudang Prestasi Hingga Menjadi Tamu Rasulullah di Telaga Al-Kautsar

Nur Amalina, Miliki Segudang Prestasi Hingga Menjadi Tamu Rasulullah di Telaga Al-Kautsar

Minggu, 13 Januari 2019

WAWASAN PROKLAMATOR,- Nur Amalina adalah Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Bung Hatta angkatan 2016 yang memiliki...

FEATURE

Minggu, 30 Desember 2018

Ayi WP

Semangat Pedagang Kaki Lima di Usia yang Tidak Muda Lagi

foto thumbnailWAWASAN PROKLAMATOR- Mengawali menjual langsat diusia 40 tahun, hingga kini Pak Syaiful masih semangat dalam menjalani profesi nya sebagai pedagang...

Bagaimana Menjadi Calon Pendidik yang Baik ?

Refnita
Kamis, 29 September 2016 Share
WAWASAN PROKLAMATOR,-

Pendidikan merupakan suatu hal yang terpenting bagi setiap manusia. Dari kecil hingga dewasa bahkan tua kita dituntut untuk selalu menimba ilmu. Seperti kata pepatah tuntutlah ilmu hingga ke liang lahat. Hal ini membuktikan bahwa pendidikan itu sangat penting bagi manusia.  Pendidikan adalah suatu usaha yang dikerjakan secara sadar serta terencana untuk mewujudkan keadaaan serta sistem evaluasi supaya peserta didik secara aktif dapat meningkatkan potensi yang ada didalam dirinya. Untuk itu diperlukan tenaga kerja yang baik dan bekompeten di bidangnya, agar terciptanya anak emas yang dapat memajukan negara Indonesia.

Adapun sedikit tips untuk menjadi tenaga pendidik yang baik yaitu :

  1. Berusahalah tampil didepan kelas dengan prima. Kuasai betul materi yang diajarkan kepada siswa, jika perlu ketika mengajar usahakan tidak membuka catatan atau buku pegangan sama sekali. Bicaralah yang jelas dan tegas sehingga terkesan dihati siswa.
  2. Berlakulah bijaksana. Sadarilah bahwa siswa yang diajar, memiliki tingkat kepandaian yang berbeda-beda ada yang cepat mengerti, ada yang lambat mengerti, dan ada yang sangat lambat bahkan ada yang sama sekali sulit untuk bisa mengerti.
  3. Berusahalah selalu ceria di kelas. Jangan membawa persoalan-persoalan yang tidak menyenangkan dari rumah kedalam kelas sewaktu mulai dan sedang belajar. 
  4. Kendalikanlah emosi anda jangan mudah marah dan tersinggung oleh anak. 
  5. Berusahalah selalu menjawab pertanyaan yang diajukan oleh siswa. 
  6. Harus dapat menerima hidup ini sebagaimananya. Tidak memandingkan penghasilan yang jernih, berusahalah untuk hidup sederhana. 
  7. Tidak sombong. Tidak boleh mencemoohkan siswa yang tidak pandai didalam kelas, jangan mempermalukan siswa didepan umum. 
  8. Berperilaku adillah. Jangan memandingkan anak yang satu dengan yang lainnya. 
  9. Perbanyaklah memuji siswa,  jangan sekali-kali mematahkan semangat belajar siswa. 
  10. Menvariasikan metode mengajar, antara metode menerangkan dengan metode bertanya.

Inilah beberapa tips yang bisa di aplikasikan untuk menjadi seorang tenaga pendidik yang baik, semoga bermanfaat bagi calon pendidik yang akan mengajar.

 

(Cawan WP: Refnita)

Wawasan Proklamator.comJauh Lebih Dekat

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar