Objek Wisata Bendung Anai, Keindahan Nan Tersembunyi

Dedi Ardianto
Selasa, 23 Agustus 2016 Share
Objek Wisata Bendung Anai, Keindahan Nan Tersembunyi

Sumatera Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki beragam objek wisata yang sangat menarik. Khususnya pada kabupaten Padang Pariaman Kecamatan Lubuk Alung Nagari Pasie Laweh. Nagari ini terkenal dengan produksi Batubata yang memiliki kualitas standar Internasional dan sudah bekerjasama antara Koperasi Bata Jaya dengan Bill Exchange.

Di jalan aspal yang cukup kecil dan tidak rata, sejumlah rombongan Mahasiswa KKN-PPM 2016 Universitas Bung Hatta beriringan menuju ke tempat yang menjadi ciri khas sekaligus objek wisata di Nagari Pasie Laweh Kecamatan Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman. Perjalanan yang cukup panjang itu hampir terbayar menempuh kira-kira 3 Km dari simpang pasar lubuk alung. Rasa penasaran mewarnai perjalanan yang melelahkan. Dan juga rasa tidak sabar pun semakin mengebu ketika hampir sampai di Wisata Bendung Anai.

Perjalanan panjang itu dapat terlunaskan dengan sajian alam yang sangat menakjubkan. Air yang deras alirannya, dihiasi bukit-bukit disekitar yang membentang disetiap sisi bendungan dengan suasana pedesaan yang masih natural telah serta hembusan angin mengobati seluruh rasa lelah dan bosan saat di lokasi KKN.

Bendung Anai yang terletak di Nagari Pasie Laweh sudah dikenal oleh masyarakat sekitar namun sayangnya belum dikenal oleh masyarakat secara luas, pasalnya objek wisata ini sering dikunjungi oleh masyarakat sekitar dan beberapa masyarakat dari luar Nagari untuk rekreasi keluarga dan suatu perkumpulan sekaligus melihat salah satu keindahan alam yang menakjubkan. Walau bukan hari libur kerja atau tanggal merah, Bendung Anai tetap dikunjungi pengunjung dari dalam dan luar Kota. Bendungan ini sering digunakan para pengunjung untuk beristirahat atau sekedar ngobrol dan bercanda ria. Tak jauh dari bendungan, terdapat aliran berisi air yang mengalir dari sumber mata air. Air yang jernih dan dingin itu sering digunakan masyarakat untuk renang. Ada juga sebagian pengunjung yang Wudhu menggunakan air bersih itu.

Objek wisata nan indah ini tidak memungut biaya atau bisa gratis bagi pengunjung sehingga banyak berdatangan, padahal objek wisata ini dibangun pada tahun 80-an dari bantuan Bank Dunia hingga saat ini pemerintah yang mengelolanya khususnya pada Pekerjaan Umum (PU). Jika seandainya perangkat Nagari mampu mengelola dengan baik maka tidak menutup kemungkinan kesejahteraan masyarakat sekitar semakin sejahtera mengingat potensi objek wisata ini sangat besar. Tiap tahun Pekerjaan Umum (PU) memberikan bantuan pada objek wisata ini, namun sayangnya tidak saling dirawat seperti alat-alat besi yang disekitar bendungan sehingga perangkat bagian penanggungjawab bendungan mengalami keresahan karena sering hilang besi besi tersebut.  

Pengunjung sudah bisa menikmati keindahan bendungan dilingkari oleh bukit-bukit. Disarankan Nagari membuat suatu aturan pada lingkup Peraturan Nagari (Pernag) yang terikat pada Peraturan Daerah(Perda) dengan tujuan menegakkan peraturan nagari bertujuan mensejahterakan masyarakat sekitar serta memudahkan koordinasi dalam segi hukum pada daerah sehingga dengan adanya peraturan maka akan mudah nagari mengelolanya.

Di bendungan, banyak Wisatawan yang mengabadikan momen indah itu dengan berfoto-foto. Baik hanya sekedar memfoto pemandangan sekitar, atau foto bersama-sama. Keindahan alam yang mempesona itu, juga tidak luput dari incaran para Fotographer. Objek alam yang natural dan fresh membuat para Fotographer berlomba untuk mencari penampakan yang menarik. Kawasan yang indah, bersih, nan eksotis membuat Bendung Anai menjadi salah satu objek wisata para Wisatawan yang suka dengan objek wisata  alam yang masih natural meski belum dikenal secara luas.

DEDI ARDIANTO (Mahasiswa Angkatan 2013 Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Bung Hatta)

WawasanProklamator.com Jauh Lebih Dekat

(c) Hak cipta WawasanProklamator.com.Jika mengkopi-paste tulisan ini di situs, milis, dan situs jaringan sosial harap tampilkan sumber dan link aslinya secara utuh

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar